Wujud Nyata Pengabdian Masyarakat dalam Membina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Mewujudkan Indonesia Sehat –

Wujud Nyata Pengabdian Masyarakat dalam Membina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Mewujudkan Indonesia Sehat – post thumbnail image


Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan urgensi kesehatan di kalangan masyarakat Indonesia. Perlu adanya kesadaran dan wawasan warga akan betapa pentingnya hal tersebut. Desa Binaan, salah satu program kerja Divisi Community Outreach, tahun ini hadir dengan membawakan tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan dibawakannya tema ini, diharapkan masyarakat di daerah sasaran mendapat wawasan tambahan serta dapat mewujudkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Desa Binaan tahun ini bernama “Care for Lessen Overcoming Environment and Health Issues Through Making Several Changes (COLOSTRUM)”. COLOSTRUM berusaha hadir dengan membawa inovasi baru dalam melaksanakan program kerja Desa Binaan tahun ini di Kelurahan Simomulyo Baru. Kegiatan yang dilaksanakan mulai bulan Desember 2022 hingga pertengahan Maret 2023 ini memiliki beragam rangkaian acara yang menarik dan juga bermanfaat bagi warga sekitar yang mengikuti.

Antusiasme warga mulai terlihat saat pertama dilaksanakannya Desa Binaan, yakni pada Day 1. Terbukti sejumlah 66 warga menghadiri acara di tanggal 11 Desember 2022 ini. Kegiatan dimulai dengan pemberian materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang diberikan oleh narasumber terpercaya, yakni Dr. Purwo Sri Rejeki, dr., M.Kes. Setelah itu, dilanjutkannya dengan sesi FGD (Focus Group Discussion), dimana warga dibagi menjadi kelompok kecil. Di sinilah warga akan diberi edukasi kembali oleh panitia dan diberi kesempatan dalam saling bertukar pendapat. Kegiatan Day 1 diakhiri dengan sesi Medical Check Up, yakni pemeriksaan kesehatan gratis berupa periksa tinggi badan, berat badan, tekanan darah, gula darah, dan asam urat. Inovasi yang diberikan Desa Binaan kali ini yaitu merekap hasil pemeriksaan kesehatan untuk nantinya diberikan ke dokter yang akan memberi konsultasi ke warga di Day 4 nanti.

Kegiatan Day 2 di tanggal 8 Januari 2023 juga tidak kalah seru. Selain Medical Check Up, terdapat intervensi abate dan ambil jentik. Kegiatan ini berguna untuk meningkatkan kewaspadaan warga terhadap jentik nyamuk yang dapat hidup di bak mandi maupun genangan air di sekitar rumah. Warga diberikan sejumlah abate untuk dipakai di rumah masing-masing. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi Medical Check Up.

26 Februari 2023 merupakan pelaksanaan kegiatan Day 3. Di pagi hari, antusiasme warga akan kegiatan lomba daur ulang limbah membuat panitia dan warga yang telah hadir ikut bahagia. Karya-karya yang dibawakan oleh perwakilan masing-masing RW sangat indah dan juga bervariasi bahannya. Mulai dari bungkus minuman yang dijadikan tas dan meja, sampai plastik yang dibentuk sedemikian rupa menjadi bunga warna-warni. Pagi itu juga Desa Binaan memulai kegiatan dengan senam pagi. Didampingi oleh instruktur senam, warga sangat bersemangat untuk melakukan gerakan yang menyehatkan badan. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Kesehatan Keluarga oleh Dr. Widati Fatmaningrum, dr., M.Kes, Sp.GK. Setelah itu, kegiatan diakhiri dengan sesi Medical Check Up.

Hingga tiba dimana hari terakhir pelaksanaan Desa Binaan. Day 4 yang dilaksanakan 19 Maret 2023 lalu merupakan puncak dari kegiatan Desa Binaan. Hari itu terlaksananya konsultasi yang dilakukan oleh 2 dokter, yakni dr. Abu Rizal Dwikatmono Johan dan juga dr. Yunobi Azhari. Warga diberi kesempatan untuk melakukan konsultasi hasil Medical Check Up yang telah dilaksanakan selama Day 1-4.

Desa Binaan tahun ini berjalan sangat lancar. Desa Binaan tahun ini mampu diikuti dengan total 144 warga dari Day 1-4. Kelancaran Desa Binaan tak luput dari bantuan para panitia, sukarelawan, dan tentunya warga yang mengikuti. Meski terdapat beberapa kendala mengenai antrian Medical Check Up di Day 1, panitia berhasil mengevaluasi hal tersebut dan berkoordinasi dengan baik di Day berikutnya. Besar harapan kami, kegiatan Desa Binaan selanjutnya dapat berlangsung lebih baik lagi tanpa kendala, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang lebih luas, dapat menjadi wadah pengalaman yang besar bagi panitia yang mengikuti. Diharapkan juga agar pengalaman sampai evaluasi yang didapat oleh Desa Binaan tahun ini bisa menjadi bekal yang berguna untuk kegiatan Desa Binaan selanjutnya.

Penulis: Mutiara Arikah Balqis, Kedokteran 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Berendam Air Panas Setelah Gym Berpengaruh Negatif pada Kesuburan PriaBerendam Air Panas Setelah Gym Berpengaruh Negatif pada Kesuburan Pria

Berendam Air Panas setelah gym berlebihan berpengaruh negatif pada kesuburan pria. Hal ini dipaparkan oleh Dr. Dody Taruna, dr., M.Kes dalam disertasi untuk mendapatkan gelar doktornya, Senin (25/4). Landasan penelitiannya adalah saat ini tren berendam dengan air hangat setelah melakukan olahraga berat seperti gym sedang populer. “Karena kebanyakan orang menyebutkan

Tanggap Bencana Semeru Prodi Spesialis Ilmu Bedah FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo Kirim Tenaga MedisTanggap Bencana Semeru Prodi Spesialis Ilmu Bedah FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo Kirim Tenaga Medis

Bencana alam kembali terjadi di Indonesia, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) lalu. Awan panas dan guguran erupsi Gunung Semeru memberikan dampak yang berat ke wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. BNPB melaporkan korban luka-luka 56 jiwa, korban hilang 17 jiwa dan korban meninggal dunia 34 jiwa, sedangkan jumlah

Infographic of Idea Competition “Bridging Innovation toward Health Equity”Infographic of Idea Competition “Bridging Innovation toward Health Equity”

1. Theme for the Infographic of Idea Competition: Communicable and Non-Communicable Diseases. Idea Competition is divided into 3 (three) categories. These categories are prevention, diagnostic/supporting tools, and treatment. 2. Each team consists of at least 3 persons (one of them is a student and 1 supervisor from their institution/university). 3.