TASTIDIKDOK Bahas Scholarship of Teaching and Learning di Dokter Unair TV

TASTIDIKDOK Bahas Scholarship of Teaching and Learning di Dokter Unair TV post thumbnail image


SURABAYA – Scholarship of Teaching and Learning jadi pembahasan menarik di TASTIDIKDOK, di Channel Youtube DokterUnairTV, 4 April 2022. Disalahpahami sebagai beasiswa tapi sebenarnya tidak tepat, scholarship yang dimaksud adalah keilmuan.

dr Brahmaputra Marjadi, MPH, PHD, SFHEA sebagai narasumber menjelaskan Scholarship of Teaching and Learning adalah keilmuan dalam proses belajar mengajar.

“Ada empat jenis Scholarship yaitu,  discovery, integration, teaching dan engagement,” jelasnya mengutip Ernest Boyer.

Ini artinya, kata Brahmana, dosen jika mengajar bukan sekedar mentransfer knowledge. “Mengajar iya, tapi itu bukan scholarship,” katanya.

Bagaimana mengajar yang berilmu maka harus membawa pada transformasi dan pengembangan knowledge.

“Maksudnya ketika kita mengajar bukan hanya satu sumber atau sharing  pengalaman kepada mahasiswa supaya mahasiswa bisa menyerap semua ilmu kita dan pintar seperti kita, ini hanya sekedar transfer ilmu saja itu tidak cukup,” ungkapnya.

Untuk itu, tugas dosen bukan hanya sekedar belajar tapi juga  mengembangkan cara berpikir anak didiknya termasuk ability atau kemampuannya.

“Dengan kata lain proses belajar mengajar itu perlu dikembangkan dengan pendekatan yang ilmiah dan sistematis, kemudian prinsip-prinsip seperti evidence based practice dan reflections in actions perlu diterapkan rutin untuk mengembangkan proses belajar mengajar,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Berendam Air Panas Setelah Gym Berpengaruh Negatif pada Kesuburan PriaBerendam Air Panas Setelah Gym Berpengaruh Negatif pada Kesuburan Pria

Berendam Air Panas setelah gym berlebihan berpengaruh negatif pada kesuburan pria. Hal ini dipaparkan oleh Dr. Dody Taruna, dr., M.Kes dalam disertasi untuk mendapatkan gelar doktornya, Senin (25/4). Landasan penelitiannya adalah saat ini tren berendam dengan air hangat setelah melakukan olahraga berat seperti gym sedang populer. “Karena kebanyakan orang menyebutkan

Cegah Stunting, Dokter Muda FK Unair Melakukan Penyuluhan Kesehatan dan Konseling Pada Ibu Hamil di Puskesmas Sumobito, Kabupaten JombangCegah Stunting, Dokter Muda FK Unair Melakukan Penyuluhan Kesehatan dan Konseling Pada Ibu Hamil di Puskesmas Sumobito, Kabupaten Jombang

Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan penyuluhan kesehatan dan konseling ibu hamil di Puskesmas Sumobito, Kabupaten Jombang pada kamis, 14 April 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemberian layanan kesehatan dalam rangka pencegahan stunting yang marak terjadi di Indonesia khususnya di Kabupaten Jombang. Kegiatan berlangsung di bawah