Studi Banding KPLA FK UNAIR x TBMM HUMERUS FK UII –

Studi Banding KPLA FK UNAIR x TBMM HUMERUS FK UII – post thumbnail image


KPLA FK UNAIR merupakah salah satu anggota dari Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PTBMMKI), yang merupakan organisasi nasional yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis dan pengabdian masyarakat tingkat nasional. TBM unit di Indonesia memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Studi Banding diadakan sebagai salah bentuk kegiatan untuk pembelajaran bagi KPLA BEM KM FK UNAIR dalam keorganisasiannya.

Rangkaian kegiatan Studi Banding terdiri dari sambutan ketua KPLA FK UNAIR dan TBMM HUMERUS FK UII, pemaparan secara keseluruhan dari KPLA FK UNAIR dan TBMM HUMERUS FK UII, tukar makanan khas daerah Surabaya dan Yogyakarta, games, FGD antar divisi dari KPLA FK UNAIR dan TBM HUMERUS FK UII lalu diakhiri dengan tour de campus.

Selama rangkaian tersebut, para peserta baik dari KPLA FK UNAIR maupun TBMM HUMERUS FK UII terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan studi banding. Masing-masing TBM saling bertukar informasi mengenai kepengurusan yang sedang dijalankan. Mulai dari Struktur organisasi bahkan sampai dengan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KPLA dan TBMM HUMERUS.

Pemaparan secara keseluruhan dilakukan oleh masing-masing ketua organisasi yang didengarkan secara antusias oleh peserta studi banding. Bahkan terdapat beberapa pertanyaan yang tidak dapat dijawab karena keterbatasan waktu sehingga dibahas saat FGD antar divisi. Setelah pemaparan, terdapat tukar makanan khas dimana TBMM HUMERUS membawa makanan khas yogyakarta seperti bakpia, gudeg dan lainya. Tidak kalah menarik, KPLA juga membawa makanan khas surabaya seperti rawon dan makanan lainya.

Pada saat FGD masing-masing TBM berkumpul sesuai dengan divisi masing-masing. Akan tetapi, ternyata TBMM HUMERUS dan KPLA tidak memiliki jumlah divisi yang sama. Sehingga KPLA menggabungkan divisi HUMAS dan FOTOGRAFI untuk FGD bersama divisi internal TBMM HUMERUS. Setelah mendapatkan insight dari FGD masing-masing divisi, kita melakukan tour de campus. KPLA menunjukkan berbagai tempat yang ada kampus FK UNAIR Surabaya dan tidak ketinggalan memperlihatkan student center, tempat dimana anggota KPLA selalu berkumpul untuk mengobrol, rapat dan masih banyak lagi. Tidak lupa acara diakhiri dengan foto bersama kemudian makan siang bersama yang akan menjadi kenangan berharga untuk KPLA dan TBMM HUMERUS. Diharapkan untuk kedepannya KPLA dapat melaksanakan acara serupa agar anggota KPLA dapat mengetahui dan belajar dari berbagai organisasi serupa yang berjalan dalam bidang bidang kegawatdaruratan medis dan kepecintaan alam.

Penulis: Nabila Aliya Rahmah V. (Kedokteran, 2020)& Salsabila Rojiqul F. (Kedokteran,
2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Prof Willy Maramis, Pendiri Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa FK UNAIR BerpulangProf Willy Maramis, Pendiri Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa FK UNAIR Berpulang

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) kembali kehilangan guru terbaiknya. Guru besar Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa, Prof. Willy Maramis, dr., Sp.S., Sp.KJ(K) berpulang pada Selasa, 14 Februari 2023. Almarhum merupakan salah satu pendiri Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo. Dekan FK UNAIR, Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG,