Prodi Ilmu Bedah FK UNAIR Pastikan Lulusan Kuasai Kemoterapi, Bedah Mikro, dan Minimal Invasif

Prodi Ilmu Bedah FK UNAIR Pastikan Lulusan Kuasai Kemoterapi, Bedah Mikro, dan Minimal Invasif post thumbnail image


Program Studi (Prodi) Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran (FK UNAIR) memastikan lulusannya menguasai tiga keahlian khusus. Antara lain Kemoterapi, Bedah Mikro, dan Minimal Invasif. Tiga Ini menjadi keunggulan prodi yang berdiri sejak tahun 180-an ini.

Sesuai yang disampaikan oleh Koordinator Program Studi (KPS), Edwin Danardono, dr. Sp.B, Subsp.BD(K). “3 ini akan kita upayakan bersinergi dalam kurikulum, penelitian, pengabdian masyarakat DI prodi kami sehingga profil lulusan kami semua unggul di bidang ini,” ujarnya ditemui seusai Assesmen Lapangan Akreditasi LAM- PT-Kes, Jumat, 10 Februari 2023.

Dalam akreditasi keduanya ini, Edwin yakin Prodinya akan kembali mendapatkan nilai A. Mengingat tahun ini banyak luaran yang dihasilkan. Terutama dalam penelitian, kualitas SDM dari dosen maupun peserta didik hingga produk outcome.

“Kita optimis ke depan akan menjadi lebih baik meski banyak tantangan untuk dicari solusinya,” tambahnya.

Beberapa tantangan tersebut antara lain menambah animo peserta didik khususnya dari luar negeri. Setiap tahunnya, prodi ini menerima setidaknya delapan hingga sepuluh peserta didik per semester.

“ Jumlah peserta didik kami saat ini ada 60 orang dengan harapan di 2023 yang lulus first taker sebanyak 12 orang,” tambahnya.

Tantangan selanjutnya adalah menjalin kerjasama dengan mitra institusi luar negeri. Sebenarnya Prodi Ilmu Bedah sudah memiliki mitra ahli luar negeri yang sifatnya interpersonal. Ke depan hubungan yang baik ini akan diresmikan melalui MoU antar institusi sehingga diakui di nasional maupun internasional.

Penulis : Ismaul Choiriyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Sosialisasi TBC pada Anak Kepada Kader Surabaya Hebat Sebagai Langkah Awal Pemberdayaan Masyarakat –Sosialisasi TBC pada Anak Kepada Kader Surabaya Hebat Sebagai Langkah Awal Pemberdayaan Masyarakat –

Pada tanggal 30 Mei 2023 Wahyul Anis Dosen FK Unair bersama Tim Geliat Universitas Airlangga dan UNICEF melakukan kegiatan sosialisasi TBC anak kepada lebih dari 100 Kader Surabaya Hebat (KSH). Kegiatan dilakukan di Hotel Ibis City Center Surabaya dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)

Ajang SIlaturahmi hingga Menjaring Provider Deteksi Dini Atresia Bilier di Masyarakat –Ajang SIlaturahmi hingga Menjaring Provider Deteksi Dini Atresia Bilier di Masyarakat –

Baru-baru ini gathering orangtua dan pasien atresia bilier diadakan di Surabaya, 3 September 2023 oleh Divisi Hepatologi, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo – FK UNAIR, Surabaya. Pada acara gathering tersebut, puluhan pasien atresia bilier yang berasal dari Surabaya dan beberapa daerah di Jawa Timur lainnya, seperti Sidoarjo, Kediri,

Mahasiswa Kebidanan Lakukan Aksi Pemberdayaan Kesehatan –Mahasiswa Kebidanan Lakukan Aksi Pemberdayaan Kesehatan –

Tim bidan muda Profesi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) melakukan pemberdayaan kesehatan di kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya pada Kamis – Jumat (30-31/3/2023). Kegiatan itu berlatar belakang minimnya pengetahuan ibu-ibu mengenai tes iva (tes deteksi kanker leher rahim) dan banyak yang tidak memakai kontrasepsi. Selain itu juga minimnya kesadaran remaja