Peranan Continuous Glucose Monitors (CGM) dan Time in Range (TIR) pada Tata Laksana Diabetes Melitus

Peranan Continuous Glucose Monitors (CGM) dan Time in Range (TIR) pada Tata Laksana Diabetes Melitus post thumbnail image


Continuous glucose monitors (CGM) atau pemantauan gula darah kontinu adalah melakukan pemantauan gula darah secara berkesinambungan melalui suatu alat dan sensor yang melekat dengan tubuh dan memberikan informasi yang real-time. Sedangkan Time in range (TIR) adalah presentase waktudimana gula darah berada di kisaran 70-180 mg/dL. SelainTIR, CGM juga bisa mendeteksi jika pasien dalam kondisigula darah yang tinggi (hiperglikemia) atau gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia). Data ini nantinya akan sangatbermanfaat dalam menilai tipe makanan dan jenis aktivitasfisik yang mempengaruhi kenaikan ataupun penurunan gula darah.

Pasien Diabetes Melitus (DM) baik tipe 1 maupun tipe 2 sebaiknya mencapai TIR minimal 70%. Hal ini berarti pasien tersebut minimal 17 jam dari 24 jam sehari mencapai target gula darah yang ideal. Beberapa kelompok pasien bisa jadi memiliki target yang berbeda, misalnya pasien hamil ataulanjut usia.

Penggunaan CGM ini masih relatif baru sehingga masih membutuhkan penelitian jangka Panjang untuk membuktikan hasilnya. Namun saat ini sudah banyak penelitian yang menunjukkan bukti adanya hubungan antara data pada CGM dan TIR ini dengan komplikasi DM.

Selama ini pengukuran HbA1c (hemoglobin terglikasi) menggambarkan rata-rata kadar gula darah dalam 3 bulan terakhir, namun HbA1c tidak bisa menggambarkan variasi glikemik harian, maupun adanya kejadian hipo maupun hiperglikemia. Adanya CGM dan TIR ini akan membantu tata laksana DM lebih baik lagi dan bisa melengkapi HbA1c yang saat ini menjadi standar baku emas penentuan tata laksana DM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Dosen FK Unair Beri Edukasi Orangtua tentang Mata Berair pada BayiDosen FK Unair Beri Edukasi Orangtua tentang Mata Berair pada Bayi

SURABAYA – Masalah mata berair pada bayi terkadang menjadi kekhawatiran orang tua. Untuk memberi edukasi tentang itu, Fakultas Kedokteran Unair (FK Unair) menggelar talkshow Dokter Edukasi dengan tema Mata Berair pada Bayi, Harus Bagaimana? Dokter Sutjipto, SpM mengupas tuntas masalah mata berair pada bayi yang ditayangkan DokterUnairTV, 24 Juni 2022.

Biomedical Practical Simulation (BIOPSI) 2023Biomedical Practical Simulation (BIOPSI) 2023

Biomedical Practical Simulation (BIOPSI) merupakan kegiatan tentiran yang dilaksanakan untuk mahasiswa muslim semester satu. Kegiatan ini berisi tentiran pembahasan latihan soal praktikum biologi kedokteran yang dilaksanakan departemen INTEL Assalam. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa semester satu dalam menghadapi ujian praktikum blok biologi kedokteran. Serta sebagai sarana memperkuat