Peran Penting Makan Ikan dan Susu dalam Pencegahan Penyakit Autoimun –

Peran Penting Makan Ikan dan Susu dalam Pencegahan Penyakit Autoimun – post thumbnail image


Sindrom Down (DS) adalah kondisi genetik yang disebabkan oleh trisomi 21, menghasilkan ciri-ciri fisik khas pada anak-anak yang menderita. Meskipun telah banyak penelitian terkait DS, penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan Vitamin D (VD) yang kurang, terutama dari sumber makanan seperti susu dan ikan, dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun tiroid (AIT) pada anak-anak DS.

Vitamin D, esensial untuk fungsi tubuh yang sehat, terutama memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Meskipun Indonesia memiliki sinar matahari yang cukup, anak-anak DS sering mengalami defisiensi VD karena perubahan gaya hidup dan asupan makanan yang terbatas.

Penelitian yang melibatkan 80 anak-anak DS di RSUD Dr. Soetomo menunjukkan bahwa 53,75% dari peserta memiliki kadar VD yang cukup, sementara 46,25% memiliki kadar yang kurang. Konsumsi harian susu, daging, dan ikan ternyata menjadi faktor risiko yang berkontribusi pada kadar VD. Peserta dengan kadar VD yang cukup juga menunjukkan tingkat antibodi TPO-Ab yang lebih tinggi, menunjukkan adanya korelasi positif antara kadar VD dan penanda penyakit AIT.

“Penelitian kami di RSUD Dr. Soetomo menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan dan susu yang kaya akan vitamin D, memiliki efek yang baik pada anak-anak dengan sindrom down.” komentar Dr. Yuni Hisbiyah, dr., MMRS., Sp.A, yang merupakan seorang spesialis anak, di divisi endokrin FK Unair – RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Dalam konteks ini, penting bagi anak-anak DS untuk meningkatkan asupan makanan yang kaya VD, seperti ikan dan susu. Makanan ini tidak hanya membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian tetapi juga dapat berperan dalam mencegah penyakit autoimun, terutama AIT.

Dengan memahami korelasi antara defisiensi VD dan penyakit autoimun pada anak-anak Sindrom Down, penting bagi orang tua dan pengasuh untuk memastikan anak-anak DS mendapatkan asupan makanan yang memadai. Meningkatkan konsumsi ikan dan susu dapat menjadi langkah sederhana namun efektif dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak DS. Melalui perubahan pola makan ini, kita dapat berperan dalam meminimalkan risiko penyakit autoimun pada anak-anak dengan Sindrom Down.

Penulis: Calcarina Nira Pramesthi (FK UNAIR)

Referensi: Hisbiyah Y, Endaryanto A, Setyoboedi B, Rochmah N, Faizi M. The correlation between vitamin D and levels of IFN-γ, NF-κB, thyroid antibodies in down syndrome: study in Indonesian children. Acta Biomed. 2022 Dec 16;93(6):e2022342. doi: 10.23750/abm.v93i6.13722. PMID: 36533745; PMCID: PMC9828918.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

FK UNAIR Adakan Pengajian Khusus Wanita Peringati Ramadan & Kartini –FK UNAIR Adakan Pengajian Khusus Wanita Peringati Ramadan & Kartini –

Masih dalam rangka memperingati Ramadhan 144H, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) menggelar pengajian. Bedanya, pengajian kali ini hanya diikuti oleh perempuan. Mengingat pengajian ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kartini yang akan jatuh pada tanggal 21 April mendatang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) FK UNAIR. Diharapkan

STUDI BANDING: RENJANA –STUDI BANDING: RENJANA –

Studi  Banding:  Renjana  merupakan  kegiatan  kunjungan  atau  pertukaran  informasi  yang  dilaksanakan  oleh  divisi  Public  Relation  LPPM  LINGUA  FK  UNAIR  dengan  organisasi  yang  bergerak  dalam  bidang  pers  dan  jurnalistik  dari  universitas  lain.  Kegiatan  ini  bertujuan  untuk  memperluas  pengetahuan  dan  wawasan  anggota  organisasi  tentang  dunia  jurnalistik  dan  pers,  serta  dapat  menjadi  inspirasi