Penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Pergaulan Bebas di SMA Negeri 1 Surabaya –

Penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Pergaulan Bebas di SMA Negeri 1 Surabaya – post thumbnail image


Sex and Reproduction Education (SECRET) merupakan program kerja tahunan  HIMAWARY dimana kami melakukan penyuluhan kepada remaja. Pada SECRET tahun ini kami memberikan penyuluhan kepada siswa siswi SMA Negeri 1 Surabaya pada Jumat, 21 Juli 2023. Tema yang diambil  adalah “Penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Pergaulan Bebas”. Penyuluhan ini memerlukan dua sudut pandang pemateri yang berbeda yaitu dari dunia psikolog dan praktisi kesehatan reproduksi remaja oleh karena itu pada saat mengadakan penyuluhan kami bekerja sama dengan departemen psikiatri RSUD Dr. Soetomo.   

INOVASI

● Pada SECRET tahun ini pelaksanaan diadakan secara offline berbeda dengan tahun  sebelumnya yang diadakan secara online.

● Pada SECRET tahun ini kami peserta yang hadir bukan hanya siswi, tetapi juga  siswanya.

HIGHLIGHT PERISTIWA  

Persiapan pelaksanaan kegiatan SECRET cukup singkat, yaitu kurang lebih 1 bulan.  Dengan panitia sekitar sepuluh orang dengan waktu yang singkat namun departemen hubungan luar HIMAWARY mampu melaksanakan acara dengan lancar. Dalam pelaksanaannya hanya terdapat 4 divisi yaitu acara, desdok, perkamzin dan konsumsi dengan setiap divisi hanya berisi 2 orang. Salah satu momen yang membuat kami tegang adalah ketika surat undangan untuk pemateri belum turun sampai h-2 acara dilaksanakan, namun akhirnya semuanya dapat terselesaikan dan pemateri dapat datang di hari H acara. Sehingga acara dapat diselesaikan dengan baik. Hal ini pastinya termasuk dalam salah satu kendala atau masalah ketika mengadakan acara, namun ini juga berguna untuk menambah pengalaman kami dalam mencari solusi dari suatu masalah.  

MASALAH  

● Terdapat kekurangan konsumsi pada saat registrasi peserta karena jumlah peserta  yang ternyata melebihi target.

SOLUSI  

● Dalam SECRET selanjutnya kami berencana untuk mengecek ulang kepada pihak sekolah berapa jumlah pasti siswa siswi yang akan datang.       

HASIL DAN PRESTASI  

Kegiatan SECRET berjalan cukup lancar dan memenuhi target peserta. Terdapat 132  peserta yang hadir pada kegiatan ini dan terdapat 105 yang mengisi posttest. Pada saat sesi QnA terdapat dua anak yang bertanya sesuai dengan jumlah kesempatan yang diberi dan pada sesi kuis peserta dapat menjawab dengan benar. 

HARAPAN UNTUK TAHUN DEPAN

Pada pelaksanaan SECRET tahun depan, kami berharap dapat dipersiapkan lebih  maksimal serta koordinasi panitia dan pihak luar seperti sekolah dan atau pemateri dapat dipersiapkan lagi. Kami juga berharap adanya inovasi terbaru dalam penyuluhannya seperti, mengikutsertakan tenaga pendidik seperti guru bk dalam melakukan penyuluhan sehingga adanya kolaborasi dari bidang kesehatan dan pendidikan. Kami juga berharap pelaksanaan SECRET tahun depan dapat dilaksanakan secara offline dengan target peserta yang hadir lebih banyak lagi dari tahun ini.   

Penulis : Fildzah Shabrina Salsabil (Kebidanan 2022)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Dosen FK UNAIR Jadi Narasumber Webinar Edukasi KesehatanDosen FK UNAIR Jadi Narasumber Webinar Edukasi Kesehatan

Dosen FK UNAIR Jadi Narasumber Webinar Edukasi KesehatanDr Eighty: Atasi Vaginismus, Harus Tahu Sebabnya Banyak hal yang menyebabkan terjadinya gangguan hubungan suami istri. Salah satunya adalah vaginismus. Vaginismus merupakan gangguan kontraksi involunter pada otot vagina yang terjadi saat mulai terjadi penetrasi saat hubungan seksual, sehingga akan terjadi kesulitan penetrasi. Edukasi

Dokter Brahmaputra, Kembali Ke Almamater Sebagai Adjunct ProfessorDokter Brahmaputra, Kembali Ke Almamater Sebagai Adjunct Professor

Perasaan haru sekaligus bangga menyelimuti benak Assoc. Prof. Brahmaputra Marjadi, dr. MPH, PhD, SFHEA. Setelah 26 tahun, ia kembali ke almamater tercinta, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR). Bukan sebagai mahasiswa lagi tentunya, tapi sebagai adjunct professor. “Saya bersyukur sekali. Bisa kembali dan meneruskan kebesaran almamater, saya kira itu adalah

Ginjal Terganggu, Tubuh Gagal Buang RacunGinjal Terganggu, Tubuh Gagal Buang Racun

Ahli Ginjal FK UNAIR, Prof. Djoko Santoso, dr., SpPD, KGH, Ph.D.,FINASIM menuturkan, ginjal merupakan organ yang memiliki peranan krusial dalam menjaga kesehatan tubuh. Empat fungsi utama ginjal antara lain fungsi penyaringan (filtrasi), pengeluaran (sekresi), penyerapan kembali (reabsorbsi) dan pembuangan (ekskresi). “Oleh karenanya, secara alam, ginjal kita otomatis menjamin disaringnya racun,