Penghormatan Terakhir Dokter Agung, Pioner Bedah Jantung dan Pembuluh Darah FK UNAIR

Penghormatan Terakhir Dokter Agung, Pioner Bedah Jantung dan Pembuluh Darah FK UNAIR post thumbnail image


Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) memberikan penghormatan terakhir kepada Almarhum dr. Agung Prasmono, Sp.B.,Sp.BTKV(K).,MARS. Dokter Agung merupakan Dosen Departemen/KSM Ilmu Bedah Bedah Toraks Kardio Vaskuler (BTKV) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga-RSUD. Dr. Soetomo. Ia merupakan salah satu pionir berdirinya Prodi BTKV di FK UNAIR.

Dekan FK UNAIR, Prof. Dr. Budi Santoso,dr., Sp.OG (K) menjelaskan, Prodi BTKV di FK UNAIR – RSUD Dr. Soetomo dirintis oleh Dokter Agung bersama Prof. Dr. med Puruhito, dr.,Sp.B-BTKV (K) – ICAHS dan Prof. Dr. Paul Tahalele, Sp.BTKV (K).

“Karenanya, kami memberikan penghormatan terakhir ini sebagai wujud tanda jasa kepada beliau,” ujarnya.

dr. Agung Prasmono semasa hidupnya

Di mata dekan, Dokter Agung dikenal sebagai sosok senior yang bersahaja. Senior yang tidak membedakan perlakuan antara senior dan junior.

“Beliau 10 tahun di atas saya, tapi pada saat kita berkumpul, saya merasakan bagaimana menghormati dan membimbing adik-adiknya,” terangnya.

Direktur Utama RSUD Dr. Soetomo, Dr. Joni Wahyuhadi, dr., Sp.BS (K) membenarkan yang disampaikan dekan. Almarhum merupakan senior di bedah dan sekaligus kawan dalam mengembangkan RSUD Dr. Soetomo.

“Beliau punya dedikasi yang tinggi. Beliau juga menempuh pendidikan Manajemen dan Administrasi RS (MARS) sehingga mempunyai pengetahuan tentang manajemen rumah sakit dan memberikan masukan yang baik kepada kami demi kemajuan RSUD Dr. Soetomo,” paparnya.

Almarhum meskipun sakit tetap mengabdikan ilmunya di Prodi BTKV FK UNAIR – RSUD Dr. Soetomo. Bahkan ketika sudah keluar masuk Graha Amerta RSUD Dr. Soetomo untuk menjalani perawatan.

Almarhum lulus dari FK UNAIR Tahun 1981. Kemudian mendapatkan gelar spesialis bedah umum sepuluh tahun kemudian. Di tahun 1995, Dokter kelahiran Surabaya 20 Oktober 1952 ini mendapatkan keahlian BTKV.

Hingga berpulangnya, almarhum merupakan staf aktif BTKV di FK UNAIR – RSUD Dr. Soetomo. (Ism)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Road to Medic Air Run 2023, Dokter FK UNAIR Gelar Tes Rute –Road to Medic Air Run 2023, Dokter FK UNAIR Gelar Tes Rute –

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya olahraga lari, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) menginisiasi Medic Air Run 2023 yang rencananya akan diselenggarakan pada 20 Agustus mendatang.  Sebagai tahap awal, hari ini telah diadakan test route ( pengecekan rute) Road to Medic Air Run 2023. tujuannya untuk mengevaluasi kualitas dan kelayakan rute yang telah ditentukan. Tes rute ini

Upgrading and Bonding for Lingua Specialization –Upgrading and Bonding for Lingua Specialization –

UMBILICAL (Upgrading and Bonding for LINGUA Specialization) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh divisi HRD LPPM LINGUA dengan tujuan untuk mempererat hubungan antar anggota LINGUA, dan sebagai sarana untuk mengasah kemampuan anggota LINGUA dalam bidang spesialisasi masing-masing, yakni content writing, graphic designer, dan photography and videography. Kegiatan dilakukan pada hari Sabtu,

Tim FK Unair Sukses Meraih Juara 1 & 2 pada Olimpiade Fisiologi Nasional Mahasiswa – Indonesian Medical Physiologi Olympiad (IMPhO) 2023 –Tim FK Unair Sukses Meraih Juara 1 & 2 pada Olimpiade Fisiologi Nasional Mahasiswa – Indonesian Medical Physiologi Olympiad (IMPhO) 2023 –

Olimpiade Mahasiswa Kedokteran di Bidang Ilmu Faal atau Indonesian Medical Physiology Olympiad pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017, dan tahun 2023 merupakan IMPhO yang ke 6. Pada IMPhO 2023 ini diikuti oleh 56 tim yang berasal dari berbagai Fakultas Kedokteran se Indonesia, disertai 9 orang dosen pendamping. Acara diselenggarakan selama