Peduli Mental Health dengan Cegah Burnout

Peduli Mental Health dengan Cegah Burnout post thumbnail image


Bulan Bakti merupakan salah satu kegiatan tahunan ISMKI yang menjadi program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FK UNAIR. Kegiatan ini tidak kami selenggarakan sendiri, tetapi bersama dengan tujuh universitas yang ada di regio Surabaya antara lain Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Surabaya, Universitas Ciputra, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Universitas Nahdatul Ulama Surabaya, Universitas Widya Mandala Surabaya, dan Univeritas Hang Tuah. Pada tahun ini, Bulan Bakti membawakan sebuah tema menarik yaitu Mental Health For Teenagers yang mengusung masalah kesehatan mental “Burnout”. Burnout sangat berkaitan dengan kondisi siswa SMA saat ini yang sedang memasuki masa penentuan tujuan kuliah.  

Acara tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya pada tanggal 31 Juli 2023. Pelaksanaan acara ini diikuti sekitar 80 anak pesantren yang mengikuti dengan aktif setiap susunan acara dimulai dengan pembukaan, doa bersama, games, pemberian materi, konsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan, cek kesehatan, hingga terakhir penutupan. Kami memberikan fasilitas konsultasi secara gratis dengan dokter spesialis kejiwaan sebagai wujud peduli terhadap masalah-masalah mental yang sedang dialami peserta (tidak hanya mengenai burnout). Melalui hal ini, diharapkan dapat membantu peserta menemukan jalan keluar akan masalah yang mereka alami sehingga dapat menghindari potensi melakukan kegiatan yang menyakiti diri bahkan mencoba mengakhiri hidup.    

Kegiatan Bulan Bakti ini tentu tidak luput dari beberapa kendala salah satunya jadwal acaran yang mundur dari seharusnya. Berdasarkan pengalaman terserbut panitia akan berusaha memperbaiki kinerja dan koordinasi agar terwujud acara yang terstruktur dengan baik. Harapan besar bagi kami agar pelaksanaan Bulan Bakti Regio Surabaya di tahun-tahun mendatang dapat dilaksanakan dengan memberikan manfaat bagi masyarakat serta menjadi sarana panitia untuk saling menambah relasi antar universitas.

Penulis: Alivia Zahraturahma (Kedokteran, 2022)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

RSIA Kendangsari dan Kendangsari Merr jadi Rumah Sakit Jejaring Afiliasi FK UNAIR untuk Pendidikan PPDSRSIA Kendangsari dan Kendangsari Merr jadi Rumah Sakit Jejaring Afiliasi FK UNAIR untuk Pendidikan PPDS

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) bersama RSUD Dr. Soetomo berafiliasi dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari (RSIA Kendangsari) dan RSIA Kendangsari Merr . Kerjasama ini dalam hal Pendidikan dan pelayanan. Ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Aula FK UNAIR, Jumat (4/3). Dekan FK UNAIR, Prof