Mahasiswa FK – AMSA Unair Adakan Pengmas Desa Binaan untuk warga RW 04 Simomulyo Baru Surabaya

Mahasiswa FK – AMSA Unair Adakan Pengmas Desa Binaan untuk warga RW 04 Simomulyo Baru Surabaya post thumbnail image


Desa Binaan merupakan acara yang diselenggarakan oleh divisi Community Outreach AMSA-Unair yang merupakan bentuk pelayanan dari mahasiswa kepada masyarakat. Pada tahun ini, desa binaan yang termasuk didalamnya juga mahasiswa FK UNAIR, membawakan tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam waktu yang berbeda-beda. Pada Day 1 yang diadakan Minggu, 11 Desember 2022, Kegiatan dimulai dengan pemberian materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang diberikan oleh narasumber terpercaya, yakni Dr. Purwo Sri Rejeki, dr., M.Kes. Lalu, kami melanjutkan dengan sesi FGD (Focus Group Discussion) dan diakhiri dengan sesi Medical Check Up yakni pemeriksaan kesehatan gratis berupa pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tekanan darah, gula darah, dan asam urat.  Inovasi yang diberikan Desa Binaan kali ini yaitu merekap hasil pemeriksaan kesehatan untuk nantinya diberikan ke dokter yang akan memberi konsultasi ke warga di Day 4.

Selanjutnya pada Day 2 yang diadakan Minggu, 8 Januari 2023, Selain Medical Check Up, terdapat intervensi abate yang juga dijelaskan oleh dokter-dokter dari departemen parasitologi, ambil jentik di tiap rumah warga, dan pemberian sejumlah abate. Kegiatan ini berguna untuk meningkatkan kewaspadaan warga terhadap jentik nyamuk. Setelah rangkaian intervensi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kegiatan dilanjutkan dengan sesi Medical Check Up.

Minggu, 26 Februari 2023 merupakan pelaksanaan kegiatan Day 3, hari dimulai dengan senam pagi bersama warga. Didampingi oleh instruktur senam, warga sangat bersemangat untuk melakukan gerakan yang menyehatkan badan. Tak hanya itu, warga juga dengan antusias membawa karya-karya dari masing-masing RW untuk mengikuti lomba daur ulang. Mulai dari bungkus minuman yang dijadikan tas dan meja, sampai plastik yang dibentuk sedemikian rupa menjadi bunga warna-warni. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Kesehatan Keluarga oleh Dr. Widati Fatmaningrum, dr., M.Kes, Sp.GK. dan diakhiri dengan sesi Medical Check Up.

Day 4 diadakan pada Minggu, 19 Maret 2023 merupakan puncak dari kegiatan desa binaan. Pada hari itu dilaksanakan konsultasi oleh 2 Dokter, yakni dr. Abu Rizal Dwikatmono Johan dan juga dr. Yunobi Azhari.. Warga diberi kesempatan untuk melakukan konsultasi hasil Medical Check Up yang telah dilaksanakan selama Day 1-3.

Desa Binaan tahun ini berjalan sangat lancar. Desa Binaan tahun ini mampu diikuti dengan total 144 warga dari Day 1-4. Kelancaran kegiatan ini tak luput dari bantuan para panitia, sukarelawan, dan tentunya warga yang mengikuti. Besar harapan kami, kegiatan Desa Binaan selanjutnya dapat berlangsung lebih baik lagi tanpa kendala, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang lebih luas, dapat menjadi wadah pengalaman yang besar bagi panitia yang mengikuti. Diharapkan juga agar pengalaman sampai evaluasi yang didapat oleh Desa Binaan tahun ini bisa menjadi bekal yang berguna untuk kegiatan Desa Binaan selanjutnya.

Penulis Berita : Luthfiana Rofhani – Vice Project Officer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Kegiatan Harbidnas 2023/2024 –Kegiatan Harbidnas 2023/2024 –

Kegiatan harbidnas (Hari Bidan Nasional) yang diselenggarakan pada minggu 25 Juni 2023 di gedung FK UNAIR yang dilakukan secara offline, dengan mengambil tema  “Perjalanan panjang profesi bidan mewujudkan generasi unggul” pada kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswi kebidanan Universitas Airlangga dari angkatan 2022, 2021 serta  perwakilan dari setiap departemen himawary. Pertama,

Mahasiswa Kebidanan FK UNAIR Melaksanakan Penyuluhan IVA & PAP Smear Sebagai Upaya Deteksi Dini Kanker Serviks di Wilayah Binaan Puskesmas Dupak SurabayaMahasiswa Kebidanan FK UNAIR Melaksanakan Penyuluhan IVA & PAP Smear Sebagai Upaya Deteksi Dini Kanker Serviks di Wilayah Binaan Puskesmas Dupak Surabaya

Kanker serviks di Indonesia menjadi masalah besar terutama dalam pelayanan kesehatan reproduksi karena kebanyakan tidak terdeteksi dini dan baru mengetahui saat kanker sudah stadium lanjut. Hal ini diperkirakan akibat program skrining yang masih kurang. Permasalahan kesehatan reproduksi pada perempuan usia produktif sangat banyak. Salah satu permasalahan yang membuat tingginya   tingkat 

99th AWCS (Airlangga Webinar Conference Series) “Brain & Head and Neck Tumor”99th AWCS (Airlangga Webinar Conference Series) “Brain & Head and Neck Tumor”

You are invited to 99th Airlangga Webinar Conference Series (AWCS) Topic:Brain & Head and Neck Tumor When:Wednesday, 29 June 202219.00-21.45 Jakarta (GMT +7) ? Speaker 1: Prof. Suresh K. Mukherji, MD, MBA, FACRProfessor of Radiology, Michigan State University, USAAnatomy and Pathology of the Anterior Skull Bases ? Speaker 2: Sri