Jadi Satu-satunya, FK UNAIR Lolos 6 Cabang IMO

Jadi Satu-satunya, FK UNAIR Lolos 6 Cabang IMO post thumbnail image


Enam tim dari FK UNAIR berhasil lolos dalam semifinal Indonesian Medical Olympiad (IMO) 2022. Ini menjadikan FK UNAIR jadi satu-satunya kampus yang berhasil lolos dalam semua cabang. Dan bertanding dengan delegasi terbaik mahasiswa kedokteran dari seluruh Indonesia, Sabtu, 22 Oktober lalu di Universitas Ciputra.

Keenam tim ini antara lain tim Kardiorespiratori, Digestif, Muskuloskeletal, Urogenital, Infeksi Tropis dan Neuropsikiatri. “Jadi teman-teman sebelumnya sudah mengikuti babak penyisihan. Dan Alhamdulillah semua lolos ke babak semifinal dan bertanding di Hari Sabtu-Minggu,” ujar Chaesaroy Afif Wibowo dari Tim Digestif.

Dari enam tim yang maju dalam semifinal, dua tim yakni digestif dan kardiorespirasi berhasil membawa pulang juara. Tim digestif menyabet juara 1 sementara tim neuropsikiatri menyabet juara 3.

“Saya sangat senang dan bangga bisa membawa nama UNAIR menjadi salah satu juara di ajang IMO 2022 ini. Tak lupa saya juga berterimakasih kepada dosen dan kakak tingkat yang membina dalam persiapan hingga final ini,” tambahnya.

Rasa syukur juga diungkapkan oleh Yongki Welliam dari tim kardiorespirasi yang juga sangat terbantu dengan pelatihan tambahan oleh dosen yang materinya tidak ia dapatkan di kelas. Ia mengisahkan, kemenangan timnya kali ini juga tak lepas dari kekalahan di ajang Regional Medical Olympiad (RMO), Juli lalu.

“Saat RMO lalu cabang kardiorespirasi gagal mendapatkan medali akibat persiapan yang mungkin masih kurang matang, yakni hanya dalam satu sampai dua bulan setelah hasil seleksi delegasi,” terangnya.

Belajar dari pengalaman, mereka pun melakukan evaluasi cara belajar. Persiapan IMO ini pun mereka lakukan di sela-sela padatnya jadwal perkuliahan dan skirpsi.

“Kami menekankan persiapan bersama pada hal yang bersifat praktis dalam supervisi senior kami,” terangnya.

Sementara untuk materi teoritik, ia dan rekan timnya, Clonia Mila membuat ceklis bersama. Kemudian belajar dan mencari sumber sendiri untuk saling melengkapi.

“Dengan perolehan ini, kami berharap agar bisa berkarya lebih banyak ke depannya dan menginspirasi teman-teman untuk berprestasi,” tambahnya.

Adapun semua delegasi FK UNAIR dalam ajang IMO yang diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) ini antara lain Tim Kardiorespiratori terdiri dari Clonia Milla dan Yongki Welliam. Kemudian Tim Muskuloskeletal terdiri dari Aileen Aisyah Maulida dan Teddy Yusuf. Selanjutnya tim urogenital terdiri dari M. Abi Salman dan Rafly Ilham.

Dilanjutkan oleh tim infeksi tropis yang beranggotakan Garuda Nusantara P.U. dan Muhammad Yasir Syafa’atulloh. Tim Digestif Caesaroy Afif Wibowo dan Maulana Bagus Adi C. Serta tim Neuropsikiatri Jovanda Atha Alodia Aji dan Quinamora Estevan S. (ISM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

STIMULATOR Sebagai Garda Dalam Pengembangan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus –STIMULATOR Sebagai Garda Dalam Pengembangan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus –

STIMULATOR (Sternum’s Initiative for Community Health Advancementand Support) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa FK UNAIR Angkatan 2021 kepada masyarakat dimana konsep STIMULATOR adalah fun learning for special needs children dan desa binaan. Adapun dalam rangkaian acara yang dimiliki yakni Pre-event, Upgrading, dan Main event. Dalam mengawali rangkaian acara

STIMULATOR Sebagai Garda Dalam Pengembangan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus –STIMULATOR Sebagai Garda Dalam Pengembangan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus –

STIMULATOR (Sternum’s Initiative for Community Health Advancement and Support) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa FK UNAIR Angkatan 2021 kepada masyarakat di mana konsep STIMULATOR adalah fun learning for special needs children dan desa binaan. Adapun dalam rangkaian acara yang dimiliki yakni Pre-event, Upgrading, dan Main event. Setelah diawali

Mahasiswa Bidan FK Unair Melakukan Upaya Preventif Anemia pada Remaja Melalui Pemberian Tablet Tambah Darah dan Penyuluhan –Mahasiswa Bidan FK Unair Melakukan Upaya Preventif Anemia pada Remaja Melalui Pemberian Tablet Tambah Darah dan Penyuluhan –

Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan buka bersama dan pembentukan kader posyandu remaja yaitu hari sabtu tanggal 25 Maret 2023 di Balai RW 02 Kelurahan Manukan Kulon. Pemberian Tablet Tambah Darah dilakukan di depan pintu masuk bersama dengan pemberian leaflet setelah mengisi daftar hadir. Kegiatan ini diikuti oleh 13 remaja