Gas Air Mata Bisa Sebabkan Bronkitis Akut

Gas Air Mata Bisa Sebabkan Bronkitis Akut post thumbnail image


sumber foto : health-detik.com

Paparan gas air mata dalam dosis tinggi dan lebih dari waktu dua puluh menit bisa menimbulkan beberapa efek permanen. Diantaranya timbulnya fibrosis paru. Suatu gangguan pernafasan yang disebabkan oleh penebalan jaringan di sekitar dan di antara kantung udara (alveoli) di paru-paru pengidap. Kondisi ini membuat oksigen lebih sulit lagi untuk masuk ke aliran darah.

“Ini menyebabkan paru-paru tidak mengembang bagus. Sehingga tidak bisa bernafas dengan sempurna,” tambahnya.

Efek jangka panjang lain adalah terjadi bronkitis kronis. Serta gangguan pada alveolus paru yang menyebabkan gangguan pertukaran oksigen dan karbondioksida.

“Infiltrasi Capsaicin pada saluran napas bawah dapat menginduksi terjadinya edema pulmoner, apnea hingga henti nafas,” tambahnya.

Orang dengan penyakit pernapasan seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik memiliki risiko lebih tinggi mengalami gejala serius setelah terpapar gas air mata.

Pun juga pada seorang yang memiliki luka di kulit, terpapar gas air mata juga akan menyebabkan iritasi semakin parah. (ISM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Pengmas Mandiri Internasional Dosen IKM-KP dan Mahasiswa Inbound Erasmus University tentang Pencegahan DBD –Pengmas Mandiri Internasional Dosen IKM-KP dan Mahasiswa Inbound Erasmus University tentang Pencegahan DBD –

Pada hari Senin, 23 Oktober 2023, Jam 09.00-11.00 di Puskesmas Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur dilakukan penyuluhan Kesehatan bersama dengan kader kesehatan setempat. Topik penyuluhan tentang Pencegahan dan Penangangan DBD dengan metode ceramah menggunakan poster. Penyuluhan dilakukan dengan sasaran pasien di ruang tunggu Puskesmas Wongsoredjo dengan jumlah sasaran sekitar 20 orang.

WARFARIN –WARFARIN –

Pada kegiatan Warfarin tahun ini mungkin sedikit berbeda dengan tahun lalu karena pada acara Warfarin tahun ini diadakan secara offline atau tatap muka, dimana setiap anggota HIMAWARY berkumpul di Kampus C Universitas Airlangga dengan bertemakan warna hitam dan merah maroon. Dan pada acara ini juga diwajibkan bagi seluruh pengurus HIMAWARY