FK UNAIR Perkenalkan Manekin Bedah Sesar, Dapat Hibah Kedai Reka untuk Produksi Awal

FK UNAIR Perkenalkan Manekin Bedah Sesar, Dapat Hibah Kedai Reka untuk Produksi Awal post thumbnail image


Kebutuhan manekin untuk latihan keterampilan calon dokter atau dokter spesialis, menjadi perhatian khusus institusi pendidikan kedokteran. Fakultas Kedokteran UNAIR menyadari ini dan terus melakukan inovasi di bidang pendidikan.

Dekan Fakultas Kedokteran UNAIR, Prof Dr Budi Santoso, dr, SpOG (K) memberi apresiasi terhadap karya sivitas akademika FK UNAIR berupa manekin bedah sesar berbahan latex silikon dengan teknik 3D printing. Karya gabungan dosen dan mahasiswa ini diperkenalkan Senin (12/12 2022) lalu dalam acara di Hotel Bumi Surabaya.

“Inovasi dan kreativitas untuk proses pembelajaran seperti ini memberi manfaat luas. Bukan hanya bagi institusi FK UNAIR, tapi juga semoga dapat dimanfaatkan institusi pendidikan kedokteran di Indonesia,” ungkap Prof Bus, panggilan akrab Dekan FK UNAIR.

Apresiasi Kedai Reka

Inovasi ini pun mendapat perhatian dari Kedai Reka (Kerja Sama Dunia Usaha dan Kreasi Reka) yang diprakarsai Kemendikbud. Dalam program Matching Fund oleh Kedai Reka, tim FK UNAIR berhasil mendapatkan dana hibah dan menggandeng PT Tekno Sains Medika.

“Dalam program ini, kami membuat 2 manekin, yang akan kami perkenalkan bagi Program Studi Obstetri Ginekologi di FK Universitas Brawijaya dan Universitas Lambung Mangkurat,” ungkap Dr Eighty Mardiyan K, dr, SpOG(K), Ketua Tim yang menginisiasi manekin ini.

Dengan manekin bedah sesar, Eighty berharap, para calon spesialis obgin (obstetri ginekologi) dapat belajar lebih baik. Karena manekin berbahan latex silikon ini memungkinkan mereka dapat melakukan irisan lapisan serupa kulit, lemak, jaringan ikat, otot hingga rahim hingga melahirkan bayi. “Tahap demi tahap penjahitan juga dapat dilakukan menyerupai pada manusia,” papar Eighty.

Bersama Dr Hermanto, dr, SpOG(K) dan anggota tim lain, dr Riska Wahyuningtyas, dr Citra Aulia dan Nur Anisah S.Keb, tim ini akan bertolak di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin pada 15 Desember mendatang. Tujuannya melakukan serah terima manekin sekaligus melakukan pelatihan.

Sebelumnya, 31 Oktober 2022, tim telah melakukan serah terima dan pelatihan bagi program studi spesialis obgin FK Universitas Brawijaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Webinar Ilmiah Kedua Peringati Dies Natalis FK UNAIR Ke-109Webinar Ilmiah Kedua Peringati Dies Natalis FK UNAIR Ke-109

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) kembali menyenggaran webinar ilmiah memperingati Dies Natalis Ke 109. Ini merupakan acara ilmiah kedua dari target empat webinar ilmiah dalam perayaan ulang tahun FK UNAIR. Webinar kali ini mengangkat tema Riset Translasional : Bagaimana Menyusun Blueprint Penelitian dari Hulu hingga Hilir. Ada empat pemateri

Webinar AWCS Ke-100 Pada Pembukaan Dies Natalis Pendidikan Dokter di Surabaya Ke-109, FK UNAIR Harus Siap Antisipasi Perubahan Pola Layanan KesehatanWebinar AWCS Ke-100 Pada Pembukaan Dies Natalis Pendidikan Dokter di Surabaya Ke-109, FK UNAIR Harus Siap Antisipasi Perubahan Pola Layanan Kesehatan

Bertepatan dengan pembukaan Dies Natalis Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR), seri webinar FK UNAIR yang lahir sejak pandemi, Airlangga Webinar Conference Series (AWCS) sudah sampai pada seri ke 100 nya. Webinar ini sekaligus membuka 4 rangkaian kegiatan ilmiah dalam memperingati hari lahir pendidikan dokter di Surabaya ini. Acara berlangsung