Edukasi Door To Door Terkait Stunting, Indonesian Gives Back (IGB) 2022

Edukasi Door To Door Terkait Stunting, Indonesian Gives Back (IGB) 2022 post thumbnail image


Sejumlah mahasiswa kedokteran Indonesia Wilayah Timur berkumpul di Jember untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu Indonesian Gives Back (IGB) yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) wilayah 4.

Kegiatan yang berfokus pada pemberantasan stunting ini berlangsung empat hari mulai tanggal 19-22 Mei 2022.

Para delegasi yang sebelumnya telah dibekali ilmu langsung terjun ke rumah warga dengan sistem door to door untuk melakukan edukasi tentang stunting. Dalam kunjungan dari rumah ke rumah itu, mereka juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Pemeriksaan Kesehatan dibagi menjadi dua yaitu pemeriksaan tanda vital pada orang tua terutama ibu, dan pemeriksaan kehamilan pada bayi dan balita,” terang Sabilal.

Pemeriksaan tanda vital meliputi suhu tubuh, tekanan darah, denyut nadi, frekuensi nafas, sedangkan kehamilan meliputi berat badan, panjang atau tinggi badan, lingkar kepala,lingkar lengan atas (LILA) anak atau balita.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan sesi Focus Group Discussion. Tujuan FGD ini adalah untuk memberikan solusi yang jitu terhadap hasil observasi yang dilakukan pada saat pemeriksaan kesehatan dan interview terkait stunting. Pada sesi FGD semua peserta dilibatkan aktif untuk berpendapat. Setelah semua rangkain acara selesai, para delegasi kembali ke hotel untuk beristirahat mengumpulkan energi untuk kegiatan esok harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

A Journey of My Medical Electives in Faculty of Medicine Ramathibodi Hospital, Mahidol University Thailand –A Journey of My Medical Electives in Faculty of Medicine Ramathibodi Hospital, Mahidol University Thailand –

As a medical student, the medical electives experience is one of the most meaningful moments in my medical life. For me, this trip was not just an academic assignment, but a real adventure that opened the door to the world of medicine.  It was a wonderful opportunity and experience for