Dukung Program AHS, Dekan Dapat Penghargaan Kemenkes

Dukung Program AHS, Dekan Dapat Penghargaan Kemenkes post thumbnail image


Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR), Prof.Dr. Budi Santoso,dr., Sp.OG, Subs. F.E.R mendapatkan penghargaan sebagai Mitra Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan yang Mendukung Program Academic Health System (AHS). Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam pertemuan AHS Nasional, Senin, 28 November 2022.

Dekan FK UNAIR menjadi satu dari 5 dekan yang mendapatkan penghargaan ini. Dari 92 fakultas kedokteran di Indonesia.

“Apresiasi ini semacam cambuk untuk kita lebih baik lagi. Bukan hanya AHS, namun juga di semua bidang. Termasuk dalam tri dharma perguruan tinggi,” ujar dekan.

Penghargaan menjadi salah satu indikator bahwa apa yang sudah diupayakan oleh FK UNAIR sudah berjalan dengan benar dan perlu ditingkatkan kembali.

FK UNAIR sendiri menjadi koordinator AHS Wilayah 5 yang didalamnya membawahi 92 fakultas kedokteran di wilayah Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB.

Implementasi AHS di UNAIR sendiri sudah berjalan sejak tahun 2016 sebelum AHS diresmikan kemenkes setahun kemudian. Di mana FK berkolaborasi dengan rumah sakit, pemerintah daerah dan kota, juga fakultas lain dalam menyelenggarakan pendidikan juga pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat.

Mengutip laman Kemenkes, AHS merupakan sebuah model kebijakan yang mengakomodir potensi masing-masing institusi ke dalam satu rangkaian visi yang berbasis pada kebutuhan masyarakat. Konsep ini merupakan integrasi pendidikan kedokteran bergelar, dengan program pendidikan profesional kesehatan lainnya yang memiliki rumah sakit pendidikan atau berafilisasi dengan rumah sakit pendidikan, sistem kesehatan, dan organisasi pelayanan kesehatan.

Implementasi AHS di tahun 2022 diharapkan dapat membantu percepatan pemenuhan dan pemerataan dokter spesialis sebagaimana diamanatkan oleh program Transformasi Sistem Kesehatan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Hal ini merupakan tindak lanjut upaya Kementerian Kesehatan dalam melakukan akselerasi Program Studi Dokter Spesialis dan Subspesialis, beserta Kebijakan Kementerian Ristekdikti tentang Penugasan Pembukaan Program Studi Dokter Spesialis.

Melalui AHS diharapkan dapat menghitung jumlah dan jenis lulusan SDM Kesehatan dan memenuhi kebutuhan wilayah; Mendefinisikan profil dan value SDM Kesehatan yang diperlukan di wilayah tersebut; serta menentukan pola distribusi SDM Kesehatan yang sustainable mulai dari layanan primer hingga tersier. (ISM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Penyuluhan Ibu-Ibu PKK di Balai DesaPenyuluhan Ibu-Ibu PKK di Balai Desa

Pada Jumat, 29 Juli 2022, sebanyak 250 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Angkatan 2020 melakukan penyuluhan kepada sekitar 50 ibu-ibu PKK di Balai Desa Bendunganjati, Pacet, Mojokerto. Penyuluhan ini dimulai dari jam 9 hingga 11 pagi. Terdapat berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan, di antaranya adalah penyuluhan materi penyakit metabolik, senam

Mahasiswa Kebidanan FK UNAIR Bawa Pulang Medali Emas dalam World Young Inventors Exhibition (WYIE) –Mahasiswa Kebidanan FK UNAIR Bawa Pulang Medali Emas dalam World Young Inventors Exhibition (WYIE) –

Tim mahasiswa Universitas Airlangga membawa pulang medali emas dalam World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2023 yang diselenggarakan pada 10-13 Mei, 2023 di Kuala Lumpur Convention Center, Malaysia. WYIE merupakan kompetisi penelitian tingkat internasional ini bertujuan untuk mendorong semangat berkreasi dan berinovasi bagi peneliti muda. Kompetisi ini diselenggarakan oleh International Invention,

Inovasi Baru dalam Pertukaran Virtual antara Tiga Universitas –Inovasi Baru dalam Pertukaran Virtual antara Tiga Universitas –

SPECTRUM merupakan salah satu acara dari rangkaian National Exchange yang diselenggarakan oleh AMSA-Universitas Airlangga dengan AMSA-Universitas Hasanuddin dan AMSA-Universitas Kristen Indonesia untuk saling bertukar pengalaman dan bersama-sama membahas suatu topik yang diangkat dan mempererat hubungan anggota AMSA-Unair dengan AMSA-universitas lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Mei 2023 pada