Dosen dan Mahasiswa FK Unair Presentasi di Negeri Ginseng

Dosen dan Mahasiswa FK Unair Presentasi di Negeri Ginseng post thumbnail image


Tim Dosen dan Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Dasar (S2 IKD) berkesempatan presentasi di Negeri Ginseng dalam kegiatan Internasional “Laboratory Medicine Conference and Exhibition 2022 & Korean Society for Laboratory Medicine 63rd Annual Meeting (LMCE 2022 & KSLM 63rd Annual Meeting)” tanggal 26-28 Oktober 2022 di Swiss Grand Hotel, Seoul, Korea Selatan.

Dosen tersebut diantaranya Dr. Siti Khaerunnisa, M.Si dan Dr. Lina Lukitasari, dr., M.Si yang berasal dari Departemen Ilmu Faal dan Biokimia FK Unair sedangkan Mahasiswa tersebut diantaranya Eldiani Aulia dan Aletheia Threskeia minat studi Biokimia Kedokteran S2 IKD. Masing-masing membawakan sebuah artikel yang luarannya dimuat dalam Supplemen “Annals of Laboratory Medicine” sebuah jurnal bereputasi terindeks Scopus dengan Kuartil 2. Adapun kedua dosen tersebut juga meraih penghargaan “Global Investigator Award” berdasarkan penilaian dari panitia setempat.

Tantangan memotivasi mahasiswa postgraduate utamanya magister untuk mengikuti kegiatan ilmiah di Luar Negeri agak berbeda dengan mahasiswa undergraduate. Hal ini mungkin disebabkan karena masa studi yang cukup singkat, sebagian telah bekerja dan memiliki keluarga, terkendala ekonomi dan lain sebagainya. Namun berkat dukungan dari seluruh Pimpinan FK Unair beserta jajarannya serta Dr. Arifa Mustika, dr., M.Si selaku Ketua Program Studi S2 IKD dan Dr. Gwenny Ichsan Prabowo selaku Ketua Departemen Ilmu Faal dan Biokimia FK Unair, hal ini menjadi mudah untuk direalisasikan.

“Kedua mahasiswa ini adalah mahasiswa yang rajin dan cerdas serta memiliki motivasi diri untuk ikut serta dalam kegiatan skala Internasional. Mereka hanya saya beri bimbingan tentang cara membangun review sistematis dan metaanalisis dalam waktu singkat dan dalam sebulan mereka dapat menghasilkan sebuah artikel yang dapat dipresentasikan. Semua ini tergantung dari niat dan motivasi masing-masing mahasiswa. Hal tersebut yang sangat saya syukuri sebagai Dosen sekaligus Gugus Penjaminan Mutu S2 IKD” ujar Dr. Siti Khaerunnisa.

Eldiani Aulia dan Aletheia Threskeia selaku mahasiswa S2 IKD merasakan manfaat diantaranya pengalaman mengikuti acara Internasional, kesempatan menyalurkan ide dan kreativitas, menambah wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan ilmu kedokteran di luar negeri, memotivasi diri untuk terus belajar dan mengembangkan ide penelitian baru di bidang medis serta menambah wawasan tentang kehidupan masyarakat dan Pendidikan di Korea Selatan. Adapun momen seru yang ia rasakan adalah challenge dari panitia LMCE untuk mengumpulkan stempel pada booth exhibition, kuliah umum yang diberikan oleh para ahli dari berbagai negara yang membuka pengetahuan tentang perkembangan penelitian di luar negeri, serta keseruan dan sensasi mengakses transportasi umum (Subway) di Negeri Ginseng.

Kegiatan Staf Mobility maupun Student Mobility seperti ini sekiranya harus tetap berlangsung secara kontinyu setiap tahunnya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat baik dari segi personal maupun institusi. Belajar berbagai hal di dunia luar akan membuka wawasan kita akan hal-hal baru serta bertemu dengan banyak orang akan menambah jejaring kita.

Kegiatan LMCE ini dilaksanakan secara kontinyu setiap tahunnya dan LMCE 2022 ini merupakan LMCE luring pertama setelah 3 tahun terdampak pandemi dan dihadiri lebih 2000 peserta dari seluruh dunia.

Seoul, Korea Selatan terkenal dengan sebutan Negeri Ginseng ini ditambah musim gugurnya yang indah memberikan nuansa yang menyenangkan dan momen mengesankan bagi Dosen dan Mahasiswa S2 IKD FK Unair yang ikut berpartisipasi. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan memotivasi seluruh civitas akademika untuk tampil di panggung Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Inauguration Adjunct Profesor Prof. Steve Aaron Arshinoff, MD, FRCSC from University of Toronto, CanadaInauguration Adjunct Profesor Prof. Steve Aaron Arshinoff, MD, FRCSC from University of Toronto, Canada

Faculty of Medicine Universitas Airlanggarespectfully request of your presence to attend and participatein the INAUGURATION OFProf. Steve Aaron Arshinoff, MD, FRCSCfrom University of Toronto, Canada as the adjunct professor ofFaculty of Medicine, Universitas Airlangga, Indonesia on Tuesday, 13 June 202308.00 – 10.00 (GMT +7) Online via Zoom https://s.id/AdjunctProfessorArshinoffOffline at Aula FK Unair

99th AWCS (Airlangga Webinar Conference Series) “Brain & Head Neck Tumors”99th AWCS (Airlangga Webinar Conference Series) “Brain & Head Neck Tumors”

99th AWCS (Airlangga Webinar Conference Series) “Brain & Head Neck Tumors” merupakan salah satu rangkaian webinar yang diinisiasi oleh Departemen Radiologi RSUD Dr. Soetomo dan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Acara webinar ini diadakan pada Rabu, 29 Juni 2022 lalu. Webinar dihadiri oleh lebih dari 300 peserta mancanegara secara daring. Webinar