Departemen Patologi Anatomi Beri Pelatihan Pap Smear Online

Departemen Patologi Anatomi Beri Pelatihan Pap Smear Online post thumbnail image


Departemen Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) memberikan pelatihan pemeriksaan pap smear, Kamis, 28 Juli 2022. Pelatihan dilakukan secara online.

Koordinator Program Studi (Kaprodi) Departemen Patologi Anatomi, Dr. Anny Setijo Rahaju, dr., Sp.PA(K) menuturkan, pap smear penting dilakukan secara berkala untuk deteksi dini penyakit kanker serviks.

“Seperti diketahui, setiap tahun 500.000 wanita di Indonesia terdiagnosa kanker serviks. 70 persen kejadiannya ditemukan pada stadium lanjut. Karenanya pemeriksaan pap smear, yang dilakukan saat seorang menunjukkan gejala menjadi penting,” paparnya.

Seminar online ini mengulas balik dasar-dasar mengenai pap smear ini. Mengapa prosedur ini ditegakkan serta tujuannya. Selain itu, dalam seminar online ini juga diberikan langkah-langkah yang benar dalam melakukan pemeriksaan pap smear agar hasil pemeriksaan akurat.

Pelatihan diikuti oleh 25 tenaga kesehatan di Puskesmas Pilangkenceng Madiun. Meliputi bidan, dokter umum dan perawat.

“Untuk melaksanakan program deteksi dini ini, diperlukan kesiapan tenaga kesehatan di puskesmas. Sehingga diperlukan pelatihan penyegaran tentang teknik pengambilan sampel pap smear bagi nakes di puskesmas,” tambahnya.

Rupanya, pelatihan pap smear ini juga menarik perhatian nakes di luar puskesmas. Dokter Anny menjelaskan, para dokter umum dan dokter spesialis PA di kawasan Puskesmas juga tertarik bergabung.

Selain itu, 15 PPDS Patologi Anatomi juga turut bergabung.

Kegiatan ini masuk dalam program pengabdian masyarakat Departemen Patologi Anatomi FK UNAIR Tujuannya, untuk meningkatkan pemahaman tentang perlunya deteksi dini keganasan kanker leher rahim pada masyarakat serta pengukuran akurasi tindakan Pap Smear oleh tenaga kesehatan di daerah tersebut.

“Seminar Pap Smear ini masuk hari pertama. Nantinya, tenaga kesehatan yang ikut pada hari ini akan kami gerakkan untuk melakukan pap smear kepada masyarakat, tanggal 04 Agustus mendatang,” jelasnya.

Departemen Patologi Anatomi FK UNAIR juga akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat mengenai hal yang sama. Dengan sasaran 100 orang.

Kegiatan ini, lanjutnya selain mendapatkan dukungan dari fakultas, juga mendapatkan dukungan dari Ikatan Patologi Anatomi Indonesia Cabang Surabaya, IAPI. (ISM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

STIMULATOR Sebagai Garda Dalam Pengembangan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus –STIMULATOR Sebagai Garda Dalam Pengembangan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus –

STIMULATOR (Sternum’s Initiative for Community Health Advancementand Support) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa FK UNAIR Angkatan 2021 kepada masyarakat dimana konsep STIMULATOR adalah fun learning for special needs children dan desa binaan. Adapun dalam rangkaian acara yang dimiliki yakni Pre-event, Upgrading, dan Main event. Dalam mengawali rangkaian acara

Kunjungan FK UNAIR ke University of Jeddah, Jajaki Peluang Kerjasama –Kunjungan FK UNAIR ke University of Jeddah, Jajaki Peluang Kerjasama –

Dalam perjalanannya ke Arab Saudi, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) juga mengunjungi University of Jeddah, 5 Februari 2024. Kunjungan diwakili oleh tim yang sama. Antara lain Wakil Dekan bidang Riset dan Kerjasama, Dr. Sulistiawati, dr., Mkes dan Wakil Dekan bidang Sumberdaya dan Keuangan, Dr Hanik Badriah, dr ,SpN didampingi

Tim Unit KEPK Fakultas Kedokteran UNAIR adakan benchmarking ke KEPKK FK-KMK UGMTim Unit KEPK Fakultas Kedokteran UNAIR adakan benchmarking ke KEPKK FK-KMK UGM

Tim Unit Komite Etik Penelitian Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga melakukan kunjungan ke Komisi Etik Penelitian Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogjakarta. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 10-11 Nopember 2022 di Gedung Taher Foundation lantai 7 UGM. Tim KEPK FK UNAIR dipimpim oleh Dr. Reny I’tishom, M.Si, bersama