Bidan Muda FK UNAIR Adakan Posyandu Remaja

Bidan Muda FK UNAIR Adakan Posyandu Remaja post thumbnail image


Bidan muda FK UNAIR mengadakan posyandu remaja di Balai RW 1 Kelurahan Siwalankerto, 27 Agustus 2022. Posyandu diikuti oleh 17 orang remaja perempuan. Berbagai kegiatan dilakukan mulai dari pemeriksaan hingga penyuluhan kesehatan. Karena diikuti anak usia sekolah, posyandu dilakukan malam hari pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Fabella Annisa, Bidan Muda menjelaskan, bidan memiliki peran untuk melakukan upaya promotif dan preventif untuk kesehatan remaja, khususnya perempuan. Sesuai filosofi kebidanan, bidan merupakan seseorang pendamping sebuah life cycle dari seorang perempuan, yaitu yang menemani, mendampingi serta memberikan asuhan sejak masa remaja hingga lansia.

“Kesehatan perempuan merupakan kunci kualitas generasi penerusnya. Ibu yang sehat ketika hamil, aman ketika melahirkan umumnya akan melahirkan bayi yang sehat begitu juga sebaliknya,” ujarnya.

Posyandu remaja ini dihidupkan kembali menimbang rasio populasi Indonesia saat ini didominasi oleh remaja. Jumlah Penduduk Indonesia Hasil SP2020 menurut Badan Pusat Statistik (2020) pada bulan September 2020 adalah 270,20 juta jiwa yang mana 27,94% dari jumlah penduduk adalah Gen Z yang berarti penduduk dari kelahiran tahun 1997-2012.

Pemeriksaan kesehatan meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, Lila/lingkar lengan atas, tekanan darah, dan pemeriksaan Hb. Hasil pemeriksaan kesehatan di dokumentasikan di formulir register kesehatan remaja bulan Agustus.

Setelah pemeriksaan kesehatan, yaitu sesi materi. Materi yang disampaikan pada posyandu remaja bulan agustus yaitu penyakit HIV/AIDS, tumbuh kembang masa remaja dan masalah PMS/Premenstrual Syndrom pada remaja perempuan. Ketiga materi dikemas secara menarik oleh penyuluh, media yang digunakan yaitu video edukasi, leaflet, serta PPT.

“Kami juga memberikan games untuk mengevaluasi pemahaman mereka,” tukasnya. (ISM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Kurangnya Produksi Air Liur jadi Penyebab Bau Mulut Orang BerpuasaKurangnya Produksi Air Liur jadi Penyebab Bau Mulut Orang Berpuasa

Puasa sering diidentikkan dengan bau mulut. Orang yang berpuasa sering dianggap memiliki nafas tak segar. Yang menjadi pertanyaan, apa penyebabnya? Dokter Desiana Radithia, drg., Sp.PM (K) menjelaskan, ini tak lepas dari produksi air liur yang menurun selama puasa. Hal ini karena saat berpuasa, rangsangan yang biasanya berasal dari makanan berkurang.

AD ASTRA PER ASPERA (To The Stars, Trough Difficulties)AD ASTRA PER ASPERA (To The Stars, Trough Difficulties)

Excalibur merupakan program kerja yang dilaksanakan menjelang proses kaderisasi mahasiswa baru. Program kerja ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru yang hendak menjadi bagian dari AMSA-Unair. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan AMSA-Unair kepada kepada mahasiswa baru mengenai divisi-divisi dan program kerjanya. Excalibur tahun ini mengangkat tema yang berbeda dari tahun