Alumni FK UNAIR Angkatan 1995 Goes to Pondok Pesantren –

Alumni FK UNAIR Angkatan 1995 Goes to Pondok Pesantren – post thumbnail image


Ajak Santri Kenali dan Cegah Stunting. Puluhan santri putra dan putri di pondok pesantren Yanabiul Ulum Wal-Hikam, sore 28 Oktober kemarin, tampak antusias mendengarkan paparan dr Virany Diana, SpA (K) di aula pondok.

“Ayo, coba 5 anak yang duduk di depan berdiri bersama. Silakan dibandingkan tinggi badan masing,” kata dr Virany.

Serempak, lima santri putra berdiri lalu melihat teman di sebelah masing-masing dan tertawa.

Virany menyebut, saat ini stunting perlu menjadi perhatian para remaja juga. Lebih awal mengenali, lebih cepat menangani. Ia menyarankan konsumsi makanan yang tidak sehat diperbaiki dan memperbanyak protein sebagai salah satu sumber gizi yang berperan dalam pertumbuhan.

“Nanti kalau sudah jadi bapak atau ibu, juga harus memperhatikan ini. Kalau jumlah lauk tinggi protein terbatas, lebih baik memprioritaskan anak yang sedang mengalami tumbuh kembang,” saran alumni FK UNAIR Angkatan 1995.

Pengmas Serempak

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) pada tanggal 28 Oktober 2023, secara serentak melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat diseluruh Indonesia sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema “Cegah Stunting Menuju Generasi Indonesia Sehat.”

Salah satu yang terlibat adalah angkatan 1995. “Kami memilih pondok pesantren karena di pondok adalah tempat berkumpulnya generasi muda, usia di bawah 15 tahun. Masih ada waktu untuk memperbaiki stunting pada mereka sekaligus melakukan edukasi untuk mencegahnya karena mereka ini calon orang tua,” kata Prof Dr Eighty Mardiyan K, dr, Sp.OG (K) yang turut terjun bertemu santri di pondok.

Selain edukasi oleh dr Virany, dr Febrian Renatasari, SpDV juga memberikan penjelasan tentang cara mencegah dan mengobati scabies . Ini merupakan jenis penyakit kulit yang banyak dialami santri di pondok.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan serah terima obat scabies bagi para santri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Deklarasi Komunitas Asma Sehat, Puncak Bakti Sosial Dosen dan PPDS Pulminologi & Ilmu Kedokteran Respirasi FK UnairDeklarasi Komunitas Asma Sehat, Puncak Bakti Sosial Dosen dan PPDS Pulminologi & Ilmu Kedokteran Respirasi FK Unair

Dosen dan PPDS Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FK Unair melakukan bakti sosial bertajuk “Surabaya Sehat, Segar, dan Bugar” selama dua hari di Kampus C Unair (18 September 2022) dan Taman Bungkul Surabaya (16 Oktober 2022). Bakti sosial ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat, juga dalam rangka merayakan dies natalis ke-68

Nyeri Punggung Bawah –Nyeri Punggung Bawah –

Nyeri merupakan pengalaman sensoris dan emosional yang tidak menyenangkan terkait kerusakan aktual dan potensial atau yang digambarkan oleh kerusakan itu sendiri. Menurut Dr. Hanik Badriyah Hidayati, dr. SpN, Subsp. NN-NK, dosen neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) dan RSUD Dr. Soetomo Surabaya, nyeri merupakan alasan terbanyak pasien mencari dokter (pertolongan medis). “Nyeri